Modul II

Setelah mengikuti pelatihan dalam Modul II, Anda diharapkan telah memiliki kemampuan:
– Mengenal web server apache
– Mengenal database server MySql
– Mengenal application server PHP

Pengantar

Pada pemrograman web database, halaman-halaman web (web pages) disimpan dalam suatu komputer yang disebut dengan server. Halaman-halaman tersebut dikelola oleh suatu perangkat lunak (software) yang disebut web server. Contoh-contoh dari web server seperti Apache, IIS (Internet Information Server), Xitami, PWS (Personal Web Server), JSP (Java Server Page), dsb.

Pemakai (client) meminta (request) suatu halaman web dengan cara mengetikkan alamat halaman web tersebut di baris alamat pada web browser. Sebagai contoh http://www.respati.ac.id/index.html. Bila halaman web index.html yang dipanggil ada di web server respati.ac.id maka halaman web tersebut akan diberikan (response) ke web browser dan web browser menampilkannya. Bila halaman web yang diminta tidak ada di web server maka di web browser Anda akan muncul keterangan Web Page Not Found yang menandakan bahwa halaman web tidak di temukan di web server.

Halaman web yang terlihat dalam web browser tersusun dari tag-tag HTML (Hypertext Markup Language). Tag-tag HTML sering juga disebut dengan Kode HTML. Kode HTML disimpan dengan akhiran (ekstensi) .HTML atau .html. Kode HTML tidak dapat berinteraksi dengan suatu basis data. Untuk mengatasi kekurangan ini maka perlu dibuat suatu kode yang dapat berinteraksi dengan basis data. Kode yang dapat berinterasksi dengan basis data tetap harus diterjemahkan kedalam kode HTML oleh Web server. Kode yang dapat berinteraksi dengan basis data dioleh suatu program yang disebut dengan application server. Contoh dari application server seperti ASP, PHP, Java, dsb.

Application server berinterasksi denga suatu basis data yang disebut dengan database server. Jenis-jenis database server antara lain MySQL, SQL Server, Oracle, Interbase, dsb. Application server memproses kodenya yang berisikan intruksi untuk memanipulasi suatu basis data. Manipulasi basis data pada umumnya tentang bagaimana defenisi, manipulasi, dan kontrol data.

Latihan 1. Mengaktifkan Web Server (Apache)
-. Klik tombol Start
-. Klik All Programs
-. Klik PHP Triads
-. Klik Apache Console
-. Klik Start Apache

Berikutnya akan muncul jendela Start Apache. Jendela ini tetap harus aktif bila Anda akan menjalankan kode PHP. Anda masih ingat bahwa kode PHP bekerja di web server. Web server di sini adalah Apache.

Latihan 2. Mengaktifkan Web Browser (Mozilla Firefox)
-. Buka Web Browser. Pada latihan ini akan digunakan web browser mozilla firefox. Untuk mengaktifkannya klik Start –> All Programs –> Mozilla Firefox –> Mozilla Firefox. Anda juga dapat menggunakan web browser lainnya seperti Internet Explorer (IE), Apple Safari, dsb.

Latihan 3. Menjalankan Web Server
-.Pastikan web Browser sudah Aktif. Bila belum aktif ikuti langkah-langkah di Latihan 2. Mengaktifkan Web Browser.
-. Ketikkan http://localhost/ di baris alamat dan tekan Enter untuk menjalankan Web Server.

Latihan 4. Mengaktifkan Database Server
-. Klik start
-. Klik All Programs
-. Klik PHP Triads
-. Klik MySQL
-. Klik MySQL-D

Sekilas Anda akan melihat jendela pengaktifan Database Server, namun sesaat kemudian jendela tersebut hilang. Anda tidak perlu risau akan hal tersebut karena memang begitulah adanya.

Latihan 5. Menjalankan Database Server
1. Pastikan web server sudah aktif. Bila web server belum aktif lakukan langkah-langkah di Latihan 1. Mengaktifkan Web Server.
2. Pastikan database server sudah aktif. Bila database server belum aktif ikuti langkah-langkah pada Latihan 4. Mengaktikan Database Server.
3. Pastikan web browser sudah aktif. Bila web browser belum aktif lakukan langkah-langkah seperti di Latihan 2. Mengaktifkan Web Browser. Di web browser Mozilla Firefox, Anda dapat membuka Tab Baru dengan menekan tombol cepat (shortcut) Ctrl + T atau dengan menekan menu File New Tab. Dalam suatu window dapat dibuka banyak Tab. Tiap-tiap Tab ini layaknya seperti sebuah jendela baru. Dalam suatu tab dapat ditampilkan suatu halaman web.
4. Ketikkan http://localhost/phpmyadmin di baris alamat web browser

Latihan 6. Menguji Application Server

1. Buka editor notepad dengan mengklik tombol Start –> All Programs –> Accessories –> Notepad

2. Ketikkan kode program berikut

3. Simpan kode program dengan nama hallo.php. Klik menu File –> Save

selanjutnya akan muncul kotak dialog Save As.
4. Dalam dialog Save As lakukan pengaturan berikut ini:
-Pada combobox Save in arahkan ke c:\Apache\Htdocs

-Pada textbox File Name ketikkan hallo.php
-Pada combobox Save As Type pilih All Type
-Tekan tombol Save untuk melakukan penyimpanan.

5. Pastikan Web Browser Sudah Aktif. Bila belum aktif ikuti langkah-langkah di Latihan 2. Mengaktifkan Web Browser. Tekan Ctrl + T untuk membuka Tab baru dan Ketikkan http://localhost/hallo.php di baris alamat browser.

Bila di web browser Anda tertera tulisan Hallo maka Anda telah sukses membuat kode program PHP. Dari kode program kecil ini selanjutnya Anda dapat mengembangkan program-program yang lebih besar. Dan memang semuanya intinya dimulai dari yang kecil. Sukses buat Anda!

Mungkin Anda bertanya, Bagiamana sih kode program tersebut sebenarnya bekerja? Baiklah berikut ini akan dijelaskan bagaimana pemrosesan umum terjadi.

1. Pada saat Anda mengetikkan http://localhost/hallo.php menandakan bahwa Anda meminta suatu halaman web dengan nama hallo.php di server localhost. Server localhost mengacu kepada tempat web server Anda berada. Karena web server Anda diinstal di komputer Anda maka standar pengacuan dari komputer local adalah localhost. Anda dapat saja mengaturnya misalkan dengan nama perusahanjaya.com, excelentt.com, dsb.

2. Setelah Anda menekan Enter maka web server mencari file hallo.php. Karena Ada maka web server melihat jenis file yang diminta. Web server mengetahui bahwa file yang diminta adalah file PHP maka selanjutnya file tersebut diserahkan ke PHP untuk mengerjakannya. Disini file PHP akan mulai mengeksekusi kode programmnya baris per baris yang dimulai dari :
, yang menandakan akhir dari kode PHP
hasil terjemahan PHP tersebut adalah
Hallo
diberikan kembali ke web browser.
3. Web browser selanjutnya mengirimkan kembali isi file hallo.php ke web browser.
4. Web Browser menapilkan isi file hallo.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: