Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Identifikasi Masalah

Keberadaan sistem informasi dalam organisasi sudah teruji dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Sistem informasi yang baik dapat mengalirkan informasi-informasi ke seluruh tingkatan organisasi baik tingkatan operasional, manajemen dan taktik. Aliran informasi yang cepat, tepat, akurat dan aman akan mempermudah pihak manajemen dalam pengambilan keputusannya. Keputusan-keputusan yang dihasilkan akan mampu membawa organisasi menghadi tekananan-tekanan baik internal maupun internal.
Organisasi seperti perguruan tinggi tidak bisa juga terlepas dari hal-hal tersebut di atas. Perguruan tinggi harus mampu memanfaatkan peluang dan sekaligus menghadapi tantangan yang ada. Peluang bahwa masih dibutuhkannya tenaga-tenaga professional di masyarakat harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan terus menerus meningkatkan kualitas proses akademik.

Tantangan yang dihadapi perguruan tinggi salah satunya adalah semakin banyaknya institusi-institusi yang menyelenggarakan kegiatan sejenis. Disamping itu dengan dimungkinkannya pekerja-pekerja dari luar (foreign worker) untuk ikut bersaing dengan tenaga kerja lokal (national worker).

Salah satu proses akademik yang langsung berhadap dengan masyarakat adalah pada tahap proses penerimaan mahasiswa baru. Pada tahap ini masyarakat haruslah dapat terlayani dengan baik. Pelayanan disini baik dari administrasi maupun perlakuan. Pelayanan perlakukan haruslah dipandang bahwa masyarakat merupakan asset bagi perguruan tinggi. Dari masyarakatlah mahasiswa berasal. Dan jauh dari itu harus dipandang bahwa masyarakat jugalah nantinya pemakai produk dari perguruan tinggi. Pelayanan di bidang adminitrasi menyangkut seperti mudahnya memperoleh informasi yang lengkap tentang penerimaan mahasiswa baru. Informasi-informasi ini mulai dari informasi yayasan (bila perguruan tinggi swasta), perguruan tinggi (seperti akreditasi institusi), program studi, dosen, kurikulum, sarana dan prasarana, UKM, kerjasama, ekstrakurikuler, dan unit-unit usaha perguruan tinggi lainnya. Melalui informasi yang utuh tentang perguruan tinggi akan dapat mempererat hubungan antara masyarakat dengan perguruan tinggi.
Selain dari informasi umum perguruan tinggi pada tahapan ini juga harus dijelaskan informasi tentang biaya pendidikan mulai dari biaya sumbangan pendidikan, biaya pokok kuliah (bila ada), biaya sks teori, biaya sks praktikum, seminar, skripsi/tugas akhir, dan sebagainya. Uraian biaya yang rinci akan dapat mempermudah para orang tua mahasiswa dalam menyusun anggaran keuangannya. Transparansi biaya tentu akan menambah keyakinan para orang tua tentang proses akademik dari institusi.
Secara umum prosedur dalam penerimaan mahasiswa baru adalah:
1. calon mahasiswa mendaftarkan diri di bagian front office
2. bagian front office memverifikasi berkas calon mahasiswa
3. bagian front office menentukan jadwal test potensi akademik
4. bagian akademik mengumumkan jadwal test potensi akademik
5. calon mahasiswa melakukan test potensi akademik
6. bagian akademik mengumumkan hasil test potensi akademik
7. mahasiswa melengkapi adminitrasi akademik khususnya semester I

Kebutuhan Perangkat Lunak

Untuk merancang sistem informasi ini akan digunakan perangkat lunak sumber terbuka (open source). Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya yang mesti dikeluarkan.
Sistem yang akan dirancang berbasis web dengan harapan dapat diakses oleh orang banyak tanpa terbatas oleh waktu, tempat mapun ruang. Perangkat-perangkat lunak yang digunakan adalah:
1. Sistem operasi. Sistem operasi yang digunakan dapat berbasis windows maupun linux.
2. Perangkat lunak perancang sistem
– Apache sebagai web server
– PHP sebagai application server
– MySQL sebagai database server
– Notepad sebagai editor.

Kebutuhan Perangkat Keras

Kebutuhan minimal perangkat keras agar perangkat lunak dapat bekerja secara baik adalah:
1. Pentium III 667 MHZ
2. RAM 128 MB
3. Hard Disk 20 GB
4. Monitor 15″
5. Keyboard + Mouse

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: