Modul I

Setelah mengikuti pelatihan pada modul i, Anda diharapkan telah memiliki kemampuan:
– pengertian umum tentang aplikasi web database
– pengaksesan web database
– mengenal software perancangan web database
– mengenal HTML

Pengantar

Saat ini para perancang software (software developer) yang akan merancang sistem yang baru umumnya akan menawarkan alternatif basis sistem yang dirancang apakah berbasis web atau tidak bagi para pemakainya (user). Dan pada akhirnya pilihan akan jatuh ke sistem berbasis web. Pilihan ini dilakukan tentu saja dilatarbelakangi oleh beberapa faktor seperti:
– tersedianya perangkat lunak (software) perancangan yang gratis (open source)
– aplikasi dapat diakses oleh semua orang dari berbagai penjuru dunia
– aplikasi dapat dihubungkan dengan teknologi handphone (mobile)

Tersedianya perangkat lunak yang gratis akan lebih memudahkan untuk mengembangkan suatu program. Walaupun diakui suatu perangkat lunak yang gratis tidak memiliki badan resmi yang bertanggung jawab bila suatu saat perangkat lunak tersebut mengalami kegagalan (error). Namun mengingat komunitas web (web community) dewasa ini sudah sangat kuat, kegagalan-kegagalan pada perangkat lunak gratis akan lebih mudah terselesaikan misalnya dengan membentuk suatu forum diskusi.

Aplikasi berbasis web sudah dapat diakses dari handphone. Kemudahan mendapatkan handhpone juga telah turut mendorong para perancang aplikasi untuk membuat aplikasi yang mudah digunakan dari handpone. Dengan jumlah pengguna hanphone yang terus bertambah akan lebih memudahkan pangsa pasar dari aplikasi yang akan dirancang. Hal ini umumnya menjadi pertimbangan utama dari pengguna sistem.

Pada mulanya aplikasi berbasis web masih bersifat statis, artinya halaman web yang terlihat tidak berubah-ubah isinya. Bila dinginkan perubahan isi maka kode programnya juga harus diubah. Dengan kehadiran bahasa pemrograman seperti ASP, PHP, Java telah memungkinkan untuk membuat aplikasi berbasis web yang dinamis, dimana isi dari suatu halaman web dapat diubah-ubah tanpa mengubah kode programnya. Isi dari halaman web dapat diubah-ubah karena bahasa pemrograman ASP, PHP, Java dapat berkomunikasi dengan suatu database seperti MySQL, SQL Server, Oracle, dan lain sebagainya. Dari sini kemudian istilah web database programming (pemrograman webdatabase) muncul.

Pada web statis semua kode program ditulis dalam suatu bahasa yang disebut dengan HTML (hypertext markup language). HTML disusun dengan tag-tag (tanda-tand) secara terstruktur. Tag-tag HTML dapat ditingkatkan fungsinya dengan memanfaatkan kode CSS (Cascade Style Sheet). Selain itu juga kode HTML dapat mengakses kode JavaScript. Namun tag-tag HTML tidak dapat mengakses basis data.

Pada web dinamis, Anda menuliskan kode program dengan memanfaatkan suatu bahasa pemrograman web seperti PHP, ASP, Java, dsb. Dalam bahasa pemroraman ini Anda dapat memasukkan (embedded) tag-tag HTML. Dalam kode program ini juga Anda dapat menuliskan perintah untuk memanipulasi basis data (MySQL, SQL Server, Oracle). Interaksi antara bahasa pemrograman dan basis data dibawah kendali perangkat lunak yang disebut web server (seperti : Apache, IIS, Xitami, JSP, ColdFusion, dsb). Web server selanjutnya memberikan hasil akhir ke web browser. Karena bahasa pemrograman dan basis data bekerja di sisi server sehingga bahasa pemrograman sering disebut application server dan basis data disebut database server.

Software-Software Pembuatan Web Database
Bila Anda ingin membuat suatu sistem web database, berikut ini akan dijelaskan beberapa software yang sebaiknya Anda miliki.
1. Web Server. Web server merupakan software tempat (host) application server dan database server bekerja. Web server akan merespons halaman web yang Anda minta (request). Software web server yang dapat Anda gunakan seperti : Apache, IIS (Internet Information Service), Xitami, JSP, dsb.
2. Application Server. Application server merupakan suatu bahasa pemrograman yang digunakan untuk berkomunikasi dengan basis data. Tiap application server memiliki ciri spesifik. Untuk itu Anda perlu memahami tata cara penulisan (syntax) penulisan dari suatu application server. Hasil akhir dari application server akan diterjemahkan oleh web server kedalam format HTML karena web browser hanya mengenali kode HTML.
3. Database server. Database server merupakan aplikasi yang mengelola data. Pengelolaan basis data mulai dari tahap defenisi (Data Defenition), manipulasi (Data Manipulation) dan kontrol (Data Control). Jenis-jenis database server seperti MySQL, SQL Server, Oracle, dsb.
4. Web Browser. Web browser merupakan aplikasi yang digunakan untuk meminta (request) halaman web yang ada di web server. Web browser yang banyak digunakan seperti Mozilla, Internet Explorer, Apple Safari, dsb.
5. Editor. Kode PHP ditulis dengan menggunakan software pembuatan dokumen teks seperti Notepad, Macromedia Dreamweaver, MS-Word, dsb.

Software-software di atas merupakan software-software standar yang digunakan untuk merancang web database. Bila Anda ingin agar tampilan web database Anda lebih baik lagi, software-software berikut juga perlu dimanfaatkan.

1. Aplikasi suara. Dengan memanfaatkan suara dalam web Anda akan lebih memikat orang lain untuk menggunakannya. Aplikasi suara seperti Winamp, CoolEdit dapat digunakan untuk memanipulasi suara.

2. Aplikasi grafis. Tampilan yang menarik dan interaktif telah menjadi tujuan utama dari perancangan software. Aplikasi seperti Photoshop, CorelDraw dapat digunakan untuk mempercantik tampilan web Anda.

3. Aplikasi video. Jamannya sudah jaman multimedia. Untuk itu anda juga dapat memanfaatkan software seperti Ulead, Adobe FireFox untuk memanipulasi video yang akan ditampilkan di web Anda.

HTML
Hypertext Markup Language (HTML) merupakan bahasa standar yang digunakan untuk memanipulasi halaman web. Aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman web disebut dengan web browser. HTML tersusun atas rangkaian dari tag-tag. Tiap tag umumnya disusun dalam pasangan tag. Misalkan terdapat tag <B> maka pasangannya adalah </B>.
Untuk memahami HTML yang paling utama adalah menghafal strukturnya. Berikut adalah struktur umum dari HTML:

<HTML>
  <TITLE>
  </TITLE>
  <BODY>
  </BODY>
</HTML>

Latihan 1.
1. Buka Editor Notepad
-klik Start –> All Programs –> Accessories –> Notepad
2. Ketikkan kode HTML Berikut

3. Simpan kode HTML
-klik menu File –> Save.
-Tentukan letak penyimpanan file di combobox Save in.
-pada combobox Save as Type, pilih All Type
-Pada isian File Name ketikkan Lat1.html
-klik tombol Save untuk melakukan penyimpanan

4. Jalankan web browser. Pada modul ini digunakan Mozilla Firefox.
– Klik Start –> All Programs –> Mozilla Firefox –> Mozill Firefox

5. Buka Kode HTML dari Web Browser
– Klik menu File –> Open File
– Arahkan tempat letak file file Lat1.html combobox Look in

Hasil kode HTML di Web Browser:

Berikut ini adalah tag-tag yang dapat digunakan untuk menyusun kode HTML

Tag Keterangan
<html> </html> tag yang digunakan untuk menandai awal kode html
<title></title> untuk memberi judul suatu halaman web
<body></body> tempat untuk memanipulasi isi web
<p></p> membuat paragrap baru
<hn> </hn> membuat judul tulisan. n dimulai dari 1 s.d 6
<br></br> membuat tulisan pindah bari. Layaknya seperti Enter di MS-Word
<hr></hr> membuat garis horizontal
<b>td></b> membuat tulisan cetak tebal
<i></i> membuat tulisan cetak miring
<u></u> membuat tulisan cetak garis bawah
<sub></sub> membuat tulisan cetak setengah spasi di bawah tulisan
<sup></sup> membuat tulisan cetak setengah spasi di atas tulisan
<table></table> membuat tabel
<pre></pre> membuat tulisan seperti apada adanya
<tr></tr> membuat baris baru dalam tabel
<th></th> membuat judul dalam tabel
<td></td> membuat kolom dalam baris pada suatu tabel
<form></form> membuat formulir
<input type=tipe></input type=tipe> membuat obyek di form. Tipe dari obyek dapat berupa text, button, submit, reset, hidden, image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: