Tetap Semangat

Mulai hari ini Senin, 7 s.d 14 Nopember 2009, seluruh mahasiswa/i di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Respati Yogyakarta akan melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) dalam Tahun Akademik 2009/2010 Ganjil.

Hari-hari selama masa ujian ini tentu saja merupakan hari-hari yang cukup sulit bila saja perkuliahan belum dilandasai dengan perencanaan yang matang. Selama seminggu penuhi para mahasiswa akan diuji kemampuannya : Bagaimana penguasaan materi yang telah diperoleh selama 6-8 kali tatap muka perkuliahan?. Keberhasilan pasti sudah di depan karena perencanaan yang baik tentu akan menghasilkan hasil yang baik. Namun proses menuju hasil yang baik tentu saja memerlukan kiat-kiat tersendiri.

Tentu saja konsep Do Plan Befoce Action merupakan pepatah banyak digunakan orang sukses dalam melaksanakan suatu langkah. Lebih baik gagal diperncanaan daripada gagal di akhir. Dihubungkan hasil UTS pada saat ini tentu juga akan sangat berhubungan dengan perencanaan-perencanaan yang telah ditetapkan, dijalankan, dan dievaluasi.

Perencanaan belajar sebaiknya dilakukan pra dan pre perkuliahan. Pra perkuliahan para mahasiswa sudah mengetahuai dengan lingkungan perkuliahan, sistem perkuliahah, pendukung perkuliahan (spt : buku, majalan, artikel, dsb). Dapat dikatakan perencanaan belajar cukup sulit bila kita tidak pernah melakukannya. Tapi begitu sekali Anda melakukannya, selanjutnya perencanaan belajar adalah hal yang biasa saja.

Perencanaan yang telah dibuat selanjutnya kita laksanakan dalam kegiatan perkuliahan sehari-hari. Tentu saja kegiatan rutin ini harus disesuaikan dengan perencanaan yang telah ditetapkan dan tentu saja pelaksanaannya tidak sama persis dengan perencanaan. Namun hal-hal umum yang telah ditetapkan tidaklah dapat kita abaikan. Kita harus patuh kepada perencanaan yang telah ditetapkan. Hal ini tentu saja akan membuat kita tetap hidup secara disiplin dan berproses.

Evaluasi belajar tentu saja kita butuhkan. Bagaimana tentang tujuan dari belajar tersebut, apakah kita sudah dapat menerimanya dengan baik? Apakah pelajaran yang kita dapatkan telah memampukan kita untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sesuai dengan bidang keilmuan kita? Apakah pelajaran yang diperoleh telah lebih membuat kita lebih intellectual dan professional? Tentu saja dibutuhkan pertanyaan-pertanyaan lainnya pada saat evaluasi ini sehingga kita senantiasa dapat menjejaki (trace) hal-hal yang telah kita lakukan sebelumnya sebagai masukan untuk perencanaan selanjutnya.

Di atas semua itu kita tentu saja harus tetap semangat dan semangat. Memandang kehidupan sebagai suatu perjalanan panjang, berliku-liku, terjal adalah hal lumrah bagi kita semua. Namun kita harus punya keyakinan bahwa Tuhan pasti memberi yang terbaik bagi kita semua. Kita harus selalu berserah kepadaNya saja. Kita tidak boleh menyerah akan kenyataan ini. Kita harus menaklukan ketidakmampuan kita ini. Kita pasti bisa.

Selamat ujian bagi seluruh mahasiswa/i di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Respati Yogyakarta.

Mejuah-Juah!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: