Pintar Menghitung Angka 1 s.d 20 Bagi Anak-Anak

Bila kita mengingat masa anak-anak (usia 2-6 tahun) tentu kita bergumam “Betapa bahagianya masa itu ya”. Sungguh masa kanak-kanan masa yang penuh dengan kenangan bahagia. Pada masa itu kita menghabiskan waktu dengan bermain dan bermain. Tiada hari tanpa bermain. Bahkan kadang-kadang kita sampai diberi hukuman dari para orang tua karena tidak mematuhi aturan yang telah diberikan. Tapi pada masa itu kita tidak pernah jera. Setelah hukuman berakhir besoknya kita pasti bermain lagi. Sungguh kenangan yang sangat indah.
Sesungguhnya pada saat bermain anak-anak belum merasakan makna dari permainan itu sendiri. Bagaimana agar permainan berakhir dengan tawa dan canda itulah yang selalu dilakukan.
Masih kita ingat juga pada masa anak-anak, Ayah dan Ibu sering bercerita dongeng sebelum tidur. Meraka seakan-akan mengerti kemauan anak-anak. Cerita biasanya diawali dengan perjanjian-perjanjian misalnya anak-anak harus tidur bila ceritanya sudah sampai disini, ceritanya sudah selesai babak I dan seterusnya. Di sekolah (TK dan SD) Bapak/Ibu guru juga sering membuat hadiah-hadiah dalam wujud makanan, nyanyian, hingga mengarang dongeng yang tentunya dapat membuat anak-anak senang dan bahagia.
Bagi guru-guru matematika umumnya mengajarkan pelajaran melalui obyek-obyek yang ada dalam diri anak-anak maupun lingkungannya. Guru senantiasa berusaha meningkatkan rasa senang anak-anak sehingga anak-anak tidak mudah bosan. Memang sering kali pada masa ini banyak anak-anak yang bosan dan malahan banyak yang sampai tidur karena kurang termotivasinya sajian pelajaran yang diberikan. Ketertarikan anak-anak bermain berhitung juga dilandasi karena umumnya anak-anak sebelum memahami bilangan sudah pernah membilangnya sehingga pada saat dibangkitkan ingatan anak sebelumnya akan lebih mudah bagi anak-anak memahaminya. Guru pada saat melakukan permainan menghitung juga senantiasa memberikan dorangan dan motivasi bagi anak-anak. Bagi anak-anak yang mampu mejawab pertanyaan ada kalanya lebih duluan disuruh pulang ke rumah, di lain pihak anak-anak yang belum mampu menjawab akan diberi hukuman menyanyi, berkelamasi, menari, tugas sekolah ditambah dan sebagainya. Guru senantiasa berusaha mewujudkan suasana dengan penuh canda dan tawa.
Beragam permainan pada usia dini dilakukan anak-anak walaupun disadari banyak anak-anak yang paham akan permainan namun tidak mampu menyatakannya dalam bentuk-bentuk fisik. Misalkan pada permainan kelereng anak-anak sudah mampu menghitung namun anak-anak belum mampu menuliskannya. Permainan yang dilakukan anak-anak sehari-hari dapat dirasakan merupakan suatu ajaran dan pendidikan. Ajaran dan pendidikan yang diberikan dari kawan-kawan tanpa disadari telah mampu meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenali segala jenis benda baik benda fisik maupun abstrak yang ada di sekelilingnya.
Pemerintah telah mengambil kebijaksanaan untuk lebih fokus pada peningkatan mutu dan akses pada pendidikan dasar. Pendidikan dasar langkah awal untuk menggali pengetahuan dan teknologi secara lebih mendalam. Pendidikan TK dan SD diberi perhatian khusus dengan keyakinan bahwa bila dasar-dasar pendidikan sudah teraktualisasi di tengah-tengah masyarakat dengan baik maka sudah tentu generasi muda bangsa akan lebih dapat berkompetisi dan sekaligus mampu berkarya di tengah-tengah masyarakat dan memiliki daya saing yang tinggi. Generasi muda yang berdaya saing akan mampu meningkatkan derajat bangsa di mata bangsa-bangsa lainnya.
Pelajaran berhitung merupakan salah satu pelajaran dasar bagi pemahaman bidang-bidang pelajaran lainnya. Dengan kehadiran teknologi komputer khususnya di bidang multimedia sudah tentu dapat dijadikan sarana untuk merancang aplikasi yang diharapkan dapat membantu anak-anak menghitung angka-angka dasar mulai dari 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15,16,17,18,19,20 dengan penuh canda dan tawa namun tidak mengurangi kemampuan nalar anak itu sendiri.
Hingga usia 6 tahun anak-anak lebih senang diajak untuk bermain dan berimajinasi. Pada usia tersebut anak masih butuh motiviasi dan dorongan dari para orang tua untuk memahami keadaan yang sebenarnya. Rasionalitas anak pada usia ini masih sangat pendek. Intinya setiap anak pada usia ini butuh bermain dan bermain dan tetap dalam bimbingan orang tua.

Tabel Bilangan dan Nama Bilangan 1 s.d 20

Bilangan Nama Bilangan
0 Nol
1 Satu
2 Dua
3 Tiga
4 Empat
5 Lima
6 Enam
7 Tujuh
8 Delapan
9 Sembilan
10 Sepuluh
11 Sebelas
12 Dua Belas
13 Tiga Belas
14 Empat Belas
15 Lima Belas
16 Enam Belas
17 Tuju Belas
18 Delapan Belas
19 Sembilan Belas
20 Dua Puluh

Tujuan dari perancangan aplikasi adalah:
– anak-anak mampu menghapalkan nama bilangan 1 s.d 20
– anak-anak mampu menuliskan bilangan 1 s.d 20
– anak-anak mampu mentrasformasi obyek ke dalam bilangan 1.s.d 20

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: