Form itu apa Ya?

Form di visual basic adalah jendela tempat untuk merancang antar muka program. Perancangan antar muka program dengan memanfaatkan kontrol-kontrol yang ada di jendela toolbox.

Banyak para ahli berpendapat bahwa kemampuan Anda untuk merancang antar muka program telah menyelesaikan 70% pekerjaan pada perancangan suatu sistem. Sisanya 30% adalah untuk penulisan kode program.

Pernyataan tersebut tentu saja dapat diterima pada saat ini. Kita tahu bahwa sistem yang diterima dipasaran bila sistem yang dirancang mudah digunakan oleh penggunanya (user friendly). Sistem yang antar mukanya kurang menarik walaupun fungsinya baik umumnya hanya akan digunakan oleh kalangan tertentu saja.

Untuk merancang antar muka program yang menarik di form tentu dibutuhkan perancangan yang sangat mendetail. Biasanya para perancang akan membutuhkan waktu yang lebih untuk menentukan keinginan dari para pemakai. Interaksi antara perancang (developer) dengan pemakai (user) harus sesering mungkin. Uji coba program dengan melibatkan pemakai merupakan salah satu cara untuk mendapatkan umpan balik (feed back) sistem yang akan dikembangkan.

form

Gambar Form

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: